;

Translate

Friday, October 4, 2013

Galileo Galilei

Friday, October 4, 2013

Galileo Galilei adalah seorang ilmuwan terbesar pada abad ke 16 dan 17. Dengan teleskop buatannya sendiri,  ia mengamati pegunungan dan lembah yang terdapat dibulan, satelit-satelit planet Jupiter dan cincin planet saturnus. 

Ilmuwan yang satu ini cukup banyak berperan dalan dunia sains, sebagai seorang tokoh ilmuwan tentunya banyak teori-teori atau penemuan-penemuan yang pada akhirnya dapat menjadi ilmu pengetahuan bagi masyarakat umum.

Galileo juga membuktikan bahwa galaksi bimasakti adalah galaksi dengan kumpulan dari jutaan bintang. Galileo lahir pada tanggal 15 februari 1564 di Pisa, Italia. 

Ketika berusia 23 tahun, ia ditunjuk sebagai dosen Matematika. Pada 1581, Galileo menciptakan pendulum. Kelak anaknya mengembangkan jam dinding berpendulum . Perkembangan Barometer dan mesip uap juga merupakan hasil dari karyanya. 

Pada masa itu, bumi masih dianggap sebagai pusat dari alam semesta. Galileo membuktikan bahwa bumi bukan pusat alam semesta. Seperti halnya planet-planet lainnya, bumi berputar mengelilingi Matahari. 

Galileo Galilei, Biografi Galileo, Biografi
Galileo menunjukkan dan membuktikan kesalahan pendapat aristoteles yang menyatakan jika dua buah bola dengan massa yang berbeda dijatuhkan bersamaan pada ketinggian yang sama maka bola yang lebih berat akan mencapai tanah terlebih dahulu. 

Untuk itu Galileo memilih lokasi menara miring Pisa dan menggunakan dua bola besi dengan berat masing-masing 100 pon dan 1 pon. Kedua bola itu dijatuhkan bersamaan dari atas menara miring Pisa. Ternyata kedua bola tersebut mencapai tanah secara bersamaan. Satu mitos berhasil dipatahkannya.

Di masa tuanya, Galileo dipenjara karena dituduh telah menghina agama. Selepas dari penjara ia mengalami kebutaan dan meninggal pada tanggal 8 Januari 1642 di italia. 

Galileo mengumpulkan teori-teorinya dalam buku yang sangat terkenal, Dialogs Concerning The Two Principal Systems of The World. Sebagai ilmuwan besar, Galileo juga telah berjasa dalam membuka jalan bagi penelitian angkasa luar bagi generasi berikutnya.

(Sumber Buku: SELUK-BELUK SAINS. Penulis: Irwan Kurniawan Sumber Foto: www.yesiknowthat.com)



TRIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SEJARAH BUDAYA - 1:55 PM