;

Translate

Friday, October 4, 2013

Isaac Newton atau Sir Isaac Newton Penemu Gaya Gravitasi

Friday, October 4, 2013

Sir Isaac Newton menjadi sangat terkenal karena hukum gravitasi yang ia temukan. Hukum gravitasi ini ditemukannya setelah  sebuah apel jatuh dari pohon ke tanah. 

Isaac Newton lahir pada 25 Desember 11642 di woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris. Walaupun lahir pada tahun 1600-an, sampai 350 tahun kemudian, newton masih dianggap sebagauai bapak Fisika. 

Ketika masih kanak-kanak, newton tidak terlalu pintar. Ia lulus dari universitas Cambridge pada 1665. Pada 1669, Newton diangkat sebagai professor matematika di trinity College. Pada 1672, newton terpilih sebagai anggota kehormatan Royal society di London. 

Isaac Newton, Sir Isaac Newton, Penemu Gaya gravitasi, penemu kalkulus
Pada 1689, terpilih sebagai anggota parlemen dan pada 1703, Newton menjadi Presiden royal Society. Pada tiap tahun sampai kematiannya, ia terus dipilih sebagi presiden Royal society. 

Pada 1705, Newton dianugerahi gelar kebangsawanan, Sir, oleh Ratu Anne dalam upacara khusus di Cambridge.

Newton menemukan hukum gravitasi dan tiga hokum tentang gerakan yang sampai sekarang masih relevan dan terus diajarkan kepada mahasiswa fisika. pada 1687, Newton menerbitkan buku, The mathematical Principles of natural philosophy yang menjelaskan hukum gravitasi dan gerakan. 

Newton juga membuktikan bahwa sinar matahari terdiri tujuh warna Yaitu; ungu, indigo, biru, hijau, kuning, jingga, dan merah. Hasil pengamatannya tentang cahaya diterbitkan dalam buku berjudul Optics. 

Newton pula yang telah menciptakan sebuah metode matematika bernama kalkulus.
Meskipun telah memasuki usia tua, newton terus bergelut dibidang astronomi. Sir Isaac Newton meninggal pada 20 maret 1727 dalam usia 85 tahun. Sampai sekarang newton masih dianggap sebagai salh satu ilmuwan terbesar.

(Sumber Buku: SELUK-BELUK SAINS. Penulis: Irwan Kurniawan Sumber Foto: http://granthammatters.co.uk/newton-isaac-1642-1727) 


TRIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SEJARAH BUDAYA - 2:30 PM