;

Translate

Monday, September 23, 2013

Biografi Tokoh Sastrawan Indonesia Terkenal

Monday, September 23, 2013

                                         
Pramoedya ananta Toer
Pramoedya ananta Toer, atau biasa disapa pram, lahir di Blora, jawa tengah, pada tanggal 6 februari 1925. Nama asli pram adalah Pramoedya Ananta Mastoer. Pram menghilangkan Mas pada Mastoer hingga menjadi toer. Menurutnya, nama Mas terlalu aristokratis atau mencirikan budaya jawa

Chairil Anwar
Chairil Anwar lahir di Medan, 26 juli 1922. Chairil merupakan anak tunggal. Ayahnya bernama Toeloes, berasal dari kenegerian Taeh, Sumatra Barat.Ayahnya bekerja sebagai pamong praja di Sumatra Utara pada zaman revolusi kemerdekaan. Beliau diangkat menjadi Bupati Indragiri,keresidenan Riau>ia masih punya pertalian keluarga dengan Sutan Syahrir, Perdana mentri pertama di Indonesia. Ibu chairil berasal dari kota Gadang, Sumatra Utara, Beliau pun memiliki pertalian Keluarga bersama sutan Syahrir.

Taufiq Ismail ( penyair dan Dokter Hewan )
Taufiq ismail dilahirkan di Bukit tinggi pada tanggal 25 juni 1935. Ia menikah dengan Esiati yatim dan dikaruniai seorang anak bernama Bram Ismail. Ia tumbuh dalam lingkungan keluarga guru dan wartawan yang suka membaca. Lingkungan tersebut telah membentuk kepribadian senang membaca dalam dii Taufiq.

Putu Wijaya (sastrawan serba bisa)
Putu wijaya bernama lengkap I Gusti Ngurah Putu Wijaya. Ia lahir Di Puri Anom, Bali pada tanggal 11 april 1944. Sewaktu kecil ia tinggal di sebuah kompleks perumahan besar yang dihuni sekitar 200 orang. Semua penghuni tersebut mempunyai kebiasaan membaca. Lingkungan seperti itulah yang membuat Putu  wijaya ahirnya gemar membaca. Ayahnya bernama I GUsti Ngurah Raka.

Bahrum rangkuti
Bahrum rangkuti lahir di Galang, Sumatra Utara, pada tanggal 7 agustus 1919. Bahrum mengawali pendidikan umumnya di hollands inlandse  school (HIS), setingkat dengan sekolah dasar. Tetapi lama belajarnya 7 tahun.kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Hogere Burger School (HBS), setingkat dengan sekolah menengah pertama. Ia menyelesaikannya pada tahun 1937,. Kemudian ia pindah dari kota medan ke Yogyakarta untuk melanjutkan studinya di Algemene Middelbare School (AMS) setinghkat dengan sekolah menengah atas di kota itu.

Ajip rosidi (Sastrawan paling produk
Ajip rosidi (dibaca ayip rosidi) lahir di Jatiwangi, Majalengka, jawa barat pada tanggal 31 januari 1938. Ia merupakan anak sulung dari pasangan dayim Sutawiria dan sitti konaah. Ajib rosidi menikah dengan Fatimah Wirjadibrata dan dikaruniai enam orang anak.

A.A Navis (sang pencemooh)
A.A  Navis lahir pada tanggal 17 november 1924. Pria kelahiran kampong jawa, padang panjang, Sumatra Barat ini bernama lengkap Ali akbar Navis. Ia adalah putra dari St. Marajo sawiyah dan merupakan anak sulung dari lima belas bersaudara.

Dami N.Toda (Kritikus karya Absurd)
Dami  N. Toda memiliki nama lengkap Damianus ndadu Toda. Ia lahir pada tanggal 29 september 1942 di Pongkor, Manggarai, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Ia terlahir dari pasangan Frans Sales Baso (Kraeng baso) dan paula pangul. Ia menikah dengan gadis kelahiran solo, jawa tengah bernama Dwi sarjuningsih Setya Whardani. Ia dikaruniai 2 orang anak yang bernama Putra Rian Manshur dan Mayang Citra Putri Kembang emas .

Danarto (cerpenis Puitis)
Danarto lahir di Sragen, Jawa tengah pada tanggal 27 juni 1940. Ia adalah putra dari jakio Harjodinomo dan siti Aminah. Ayah danarto bekerja sebagai mandor pabrik tebu di Sragen, sedangkan ibunya adalah penjual batik.

Iwan Simatupang (Sastrawan Avant Garde)
Nama lengkap iwan simatupang adalah Iwan Martua Dongan Simatupang. Ia lahir pada tanggal 18 januari 1928 di Sibolga, Sumatra Utara. Novelis Indonesia ini wafat pada tanggal 4 agustus 1970 di Jakarta.

Motinggo Busye (sastrawan dan pelukis)
Motinggo Busye lahir pada tanggal 21 november 1937 di Kupangkota, teluk betung, lampung. Ia meninggal d I Jakarta pada tanggal 18 juni 1999. Nama asli motinggo Busye adalah Bustami djalid. Ayahnya bernama Djalid Sutan raja, sedangkan ibunya bernama Rabi’ah ja’kub.

Nugroho Notosusanto (Sastrawan dan Sejarawan)
Nugroho Notosusanto lahir di Rembang pada tanggal 15 juli 1930. Ayahnya yang bernama R.P. Notosusanto memiliki kedudukan terhormat karena  merupakan seorang ahli hokum islam Fakultas hokum, Universitas gajah mada dan salah seorang pendiri UGM. Nugroho Notosusanto adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Pada tanggal 12 Desember 1960 ia menikahi Sawitri Ramelan.

Ramadan K.H. ( penulis Biografi Terbaik )
Ramadan K.H. atau Ramadan karta Hadimadja lahir di Bandung bpada tanggal 16 maret 1927. Kang  Alun adalah panggilan akrab Ramadan . Ia merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya yang bernama Raden Edjeh Kartahadimaja adalah seorang patih di Kabupaten bandung pada masa Hindia Belanda.

Sapardi Djoko Damono ( sastrawan Denotatif)
Sapardi Djoko Damono Dilahirkan pada tanggal 20 Maret 1940 di Surakarta, jawa tengah. Ia merupakan anaka sulung dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Ayah dan ibunya menjadi abdi dalem Keraton Surakarta .

Syamsiar Seman ( sastrawan dan Budayawan )
Syamsiar seman lahir di Barabai, Kabupaten hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Ia lahir pada tanggal 1 april 1936. Syamsiar seman dikenal sebagai seorang budayawan dan penulis dari Kalimantan Selatan.

Abdul Hadi W.M.
Sastrawan yang bernama lengkap Abdul hadi Widji Muthari ini lahir di Sumenep, jawa timur. Ia termasuk salah satu sastrawan dan ahli filsafat di Indonesia. Ia dilahirkan tiga tahun setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 24 juni 1948.

Achdiat K. Mihardja
Achdiat K. Mihardja lahir di Garut, jawa barat pada tanggal 6 maret 1911. Novelis angkatan ’45 ini besar di tengah keluarga keturunan bangsawan yang sangat feudal. Ayahnya bernama Kosasih Kartamiharja. Beliau menjabat sebagai pangreh praja (Ambtenaar VB). Kala itu ,seorang pangreh praja di taman colonial Belanda merupakan orang yang menyandang predikat sebagai priyayi.

Idrus
Idrus Dilahurkan di Padang,21 september 1921. Idrus merupakan sastrawan tulen. Ia tidak pernah mencampuri pekerjaannya dengan profesi lain. Sejak muda hingga wafat, ia hanya menjadi sastrawan.

Mochtar Lubis
Mochtar Lubis lahir di Padang, Sumatra Barat pada tanggal 7 maret 1922. Ia termasuk sastrawan Angkatan 45’ yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.ayahnya bernama pandapotan lubis seorang bangsawan Mandailing yang menjabat sebagai asisten demang dikota kelahiran Mochtar lubis antara tahun 1915 hingga 1929. Gelar raja di depan nama ayahnya menunjukan bahwa ia seorang kepala suku. Ia berasal dari  desa Muara sero, dekat Kotanapan, Kabupaten Tapanuli selatan.

N.H Dini
N.H Dini bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Sitti NUkatin. Tempat lahirnya di semarang, jawa tengah. Dini memiliki tanggal lahir yang unik, yaitu 29 februari 1936. Uniknya, tanggal 29 februari hanya muncul 4 tahun sekali, yaitu pada tahun kabisat. Jadi dini merayakan ulang tahunnya tiap empat tahun sekali. Tidak heran jika umurnya seperempat dari usia sebenarnya.

Titis Basino

Titis Basino lahir di Magelang pada 17 januari 1939 dengan nama lengkap Titis REtnoningrum basino. Ia adalah Putri dari pasangan  Basino Atmodisuryo dan suparmi. Sebelum tahun 1980-an,ia lebih banyak menulis cerpen untuk media cetak tertentu. Namnya mulai dikenal sejak ia menulis berbagai novel.

Utuy Tatang Sontani
Utuy Tatang  Sontani dilahirkan di cianjur, jawa barat, pada tahun 1920. Pandidikan tertingginya diperoleh dari Taman Dewasa Bandung, pada usia 17, ia sudah mulai aktif mengarang. Saat itu,utuy mengagumi seorang pujangga dari Prancis bernama La fontaine. Jadi sedikit banyak tulisan Utuy dipengaruhi gaya bahasa fontaine.

Sitor Situmorang
Sitor Situmorang bernama asli Raja Usu Situmorang. Ia lahir di Harianboho,samosir, Sumatra Utara, pada tanggal 24 oktober 1924. Ayah sitor bernama Ompu Babiat Situmorang. Ia pernah berjuang bersama Sisingamangaraja x11 dalam melawan tentara colonial Belanda.Ia adalah seorang Wartawan Harian Suara Nasional Di Tarutung pada tahun 1945.







TRIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SEJARAH BUDAYA - 12:04 AM